Istiqamah dan Survive

by - 4:46 AM

Assalamualaikum.
Alhamdulillah akhirnya masih ada kesempatan untuk nulis di sini setelah hiatus beberapa bulan. Sudah 2016, sudah tingkat 4, sudah (hampir) menginjak 21 tahun, dan sudah sudah yang lainnya yang telah Allah anuerahkan. Tujuan hidup sudah sangat jelas, bukan tentang duniawi. Dunia, media kita untuk mencari pahala dan amalan yang dapat memasukkan kita ke surganya Allah. Untuk bisa survive dan istiqamah tentunya perlu usaha yang ekstra. Bukan hanya sekadar makan, berleha-leha, tidur, dan begitu seterusnya karena jalan menuju ke surgaNya diisi dengan hal-hal yang tidak mengenakan, contohnya Rasulullah Shalallahu alaihi wasssalam, yang diusir penduduk Mekkah, dilempari kotoran unta ketika sedang shalat, dan masih banyak lagi perjuangan beliau untuk memperjuangkan agama Allah :')
Untuk istaqamah tidaklah mudah. Tapi kalau hati kita sudah ikhlas  menerima segala ketentuan Allah, insyaAllah rintangan apa pun akan terasa mudah dijalani dan dihadapi. Misalnya ketika oranglain terlihat cantik dengan penampilan masa kini, dirimu berdandan apa adanya dengan gamis dan khimar yang lebar. Kenapa tidak ikut saja memakai pakaian "kekinian"? Cantik di hadapan manusia sudah biasa, cantik di hadapan Allah yang luar biasa. Karena Allah tidak memandang rupa manusia, tetapi Allah melihat akhlak dan keimanannya. Bagaimana agar cantik di hadapan Allah? Caranya lakukan aturan yang telah Allah berikan kepada kita. Menutup aurat salah satunya sesuai (Q.S Al-Ahzab : 59 dan An-Nur : 31). 
Nah untuk survive bagaimana? Cara survive saya salah satunya adalah hemat. Sangat terasa ketika kita membutuhkan sesuatu, uangnya tidak cukup karena pengeluaran yang tidak teratur. Sedangkan kita dalam kondisi sebagai mahasiswa/i dan belum berpenghasilan, berarti hanya mengandalkan uang saku dari orangtua saja. Awalnya  untuk hemat sangat sulit karena tidak terbiasa.
Baru-baru ini, saya mencatat pemasukan (uang saku) dan pengeluaran saya setiap harinya. Cara ini efektif bagi saya, karena dengan begitu kita bisa bijak dalam menggunakan uang. Jangan lupa untuk menabung dengan sistem amplop. Sistem amplop yaitu mengelompokkan uang untuk beberapa kebutuhan dalam amplop yang berbeda-beda. Contohnya seperti amplop 1 untuk tabungan, amplop 2 untuk sedekah, amplop 3 untuk keperluan yang mendadak, dan seterusnya (sesuai jumlah kebutuhan). Dengan begitu, kita bisa menghargai uang, tidak menghambur-hamburkannya untuk hal-hal yang kurang penting, lebih baik uangnya ditabung dan disedekahkan. Selain hemat, kita juga dapat pahala.
Jadi luruskan tujuan hidupmu untuk akhirat dan untuk survive di dunia salah satunya adalah dengan hemat. Semangat dalam mencapai surganya Allah :) 



untuk semua

You May Also Like

0 comments