Mengajak Berbuat Baik? Memang Kamu Sudah Baik?

by - 9:42 AM


Assalamualaikum ^^
Judulnya kok serem gitu ya? ._. Eits.. jangan berpikir itu sinis yaa, Jadi gini......
Beberapa menit yang lalu ada pertanyaan yang berputar-putar di kepala saya yang membuat saya menjadi ragu untuk melakukannya, "Boleh ngga kita mengingatkan tentang kebaikan pada orang lain, padahal diri kita belum baik?" 
Jujur, awalnya bingung dan ragu untuk jawab pertanyaan yang muncul begitu aja di pikiran saya. Jawaban awalnya bilang gini 
"eh iya ya, sok sok an banget ngingetin kebaikan sama orang lain, tapi diri sendiri aja belum bener-bener baik, malah masih jauh dari kata baik. Ngga usah ngingetin lagi mungkin ya.."
Kemudian langsung ada jawaban lain yang tiba-tiba balas pikiran saya sebelumnya 
"Emm.. tapi kamu mau masuk neraka karena membiarkan orang-orang di sekitar kamu yang lagi 'lupa' dan mereka menyalahkan kamu karena kamu ngga ngajak mereka untuk berbuat baik ?" 
HUAAA! Jelaslah saya semakin bingung bagaimana jawaban yang sebenarnya.
Sewaktu masih diliputi kebingungan sama hal itu, eh tiba-tiba Alhamdulillah teringat sama artikel di salah satu OA LINE yang isinya pendapat seseorang tentang hal ini juga. Pendapatnya kurang lebih begini 
"Suatu keharusan untuk kita dalam mengingatkan dan mengajak orang lain untuk berbuat baik, tetapi kita juga harus melakukan kebaikan itu. Bagaimana orang lain mau menerima ajakan untuk berbuat baik kalau yang mengajaknya aja ngga melakukan kebaikan yang dia seru." 
Ah betul sekali! 
Nah, jadi mengingatkan dan mengajak orang lain untuk berbuat baik itu suatu keharusan bagi setiap muslim/ muslimah. Tapi dengan catatan, kita juga harus istiqamah dalam beribadah, ,melakukan kebaikan, dan hal-hal positif lainnya. Catatan tambahan nih ya, jangan sampai kita merasa paling baik ketika mengingatkan dan mengajak orang lain untuk berbuat kebaikan. Hati-hati dengan ujub o.o sifat yang tanpa kita sadari sering muncul di diri kita. Naudzubillah..

Oh iya! Kalau ada komentar-komentar dari orang lain yang ngga enak di hati kita, sabar aja karena menjadi baik itu butuh proses loh :') Optimis dan husnudzan sama Allah, bisa aja orang yang kita ajak berbuat baik adalah orang yang nantinya lebih baik dari kita beribu-ribu kali. Hidayah itu hanya milik Allah dan bagi orang yang mendapatkannya, hidayah adalah salah satu hadiah terbesar di dunia. Jangan pernah berhenti untuk terus berbuat baik dan mengajak orang lain untuk itu. Lelah itu boleh, asal jangan menyerah, iya ngga? :') Terus kalau lelah dan hampir menyerah kita harus gimana? Ingat lagi niat awalnya, Lillah kan? InsyaAllah semuanya Allah permudah aamiin. Semangat ya kamu! 
Mudah-mudahan yang baca ini, yang sedang berjuang di jalanNya, Allah hadiahkan nikmat Surga Aamiin :')

Jadi.... Jangan Pernah Menyerah ya Kamu!

Maaf jika ada kesalahan kata-kata atau yang ngga berkenan di hati. Maksud diri hanya ingin berbagi dan belajar berani untuk memulai kebaikan. Karena kalau ngga sekarang, kapan lagi? Jarak kematian hanya 1 detik di depan kita :') Semoga kita, juga orang-orang yang kita sayangi dan cintai, yang mencintai dan menyayangi kita karena Allah, bisa berkumpul di surganya Allah Aamiin Allahumma Aamiin.
Terima kasih sudah membaca tulisan ini yang masih banyak kurangnya.


Untuk muslim dan muslimah di bumiNya......


Jum'at. 11.32 P.M
Disela sela waktu mau tidur.


You May Also Like

0 comments