Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Indonesia dalam Memudahkan Masyarakat

by - 1:29 AM



Saat ini hampir semua orang membutuhkan peran teknologi dalam setiap aktivitasnya. Dimulai dari anak-anak hingga orang tua telah menggunakan teknologi. Sebenarnya apa yang membuat teknologi sangat dibutuhkan khususnya di Indonesia pada saat ini?

     Manusia memerlukan efektivitas waktu dalam setiap aktivitasnya. Waktu telah dianggap uang. Jika kehilangan 1 menit saja, sudah dirasa rugi. Maka sekarang banyak aktivitas yang sudah menggunakan peran teknologi di dalamnya guna mengefektifkan waktu. Indonesia, salah satu negara yang saat ini mulai menerapkan teknologi informasi dan komunikasi pada hampir di semua bidang. Mulai pendidikan hingga pelayanan masyarakat pun sudah menggunakan teknologi. Teknologi informasi dan komunikasi sejatinya memiliki peran yang sangat penting dalam setiap kegiatan dengan memberikan manfaat yang besar, salah satunya yaitu memudahkan masyarakat Indonesia dalam beraktivitas.
  Teknologi informasi dan komunikasi telah diterapkan di Indonesia dalam beberapa bidang contohnya pada bidang pendidikan, pelayanan kesehatan, administrasi, dan izin perdagangan. Beberapa tahun yang lalu, siswa diharuskan membawa banyak buku pelajaran setiap harinya. Sekarang tidak lagi, siswa dapat membawa banyak buku (buku elektronik atau biasa disebut e-book) hanya dalam satu genggaman dengan handphone sebagai medianya. Selain itu pada bidang pelayanan kesehatan masyarakat seperti PUSKESMAS, teknologi informasi dan komunikasi diimplementasikan pada e-ticket untuk mengatur nomor antrian sehingga pasien tidak perlu antri berlama-lama. Teknologi ini sudah terdapat di Kota Surabaya, masyarakat hanya cukup meletakan e-KTP pada scanner yang disediakan dan dapat mengakses lebih cepat dibanding harus mengantri. Pada bidang administrasi, salah satu contohnya yaitu dalam pembuatan NPWP secara online. Sekarang masyarakat tidak perlu datang ke kantor pajak, cukup membuka ereg.pajak.go.id. Prosedur pembuatan NPWP dimulai dengan pembuatan akun, lalu mengisi form yang telah ada. Masyarakat cukup menyediakan Surat Keterangan Usaha (SKU) untuk dokumen yang diupload. Selain itu, teknologi informasi dan komunikasi membantu wirausaha dalam hal perizinan usaha. Sebagai contohnya pembuatan SIUP secara online yang tidak diketahui banyak masyarakat. SIUP ini sekarang dapat diakses lewat online, khususnya di wilayah Kota Bandung. Teknologi ini berupa aplikasi yang tersedia di Playstore dengan nama GAMPIL yang berarti dalam bahasa Indonesia yaitu mudah. Teknologi ini juga mengubah pandangan masyarakat bahwa pembuatan SIUP tidak serumit yang dibayangkan, administrasi hanya dilakukan melalui handphone yang berbasis Android. Tidak perlu pergi ke kantor kelurahan, masyarakat dapat mengaksesnya dimana saja.
   Beberapa peran teknologi informasi dan komunikasi di atas, telah membuktikan bahwa perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menyederhanakan hal-hal yang awalnya dianggap rumit. Teknologi informasi dan komunikasi sudah menjadi salah satu cara penyelesaian masalah dalam berbagai bidang di Indonesia yang berdampak pada efektivitas waktu, sehingga masyarakat dapat lebih mudah dalam menjalankan aktivitasnya. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia patut diapresiasi karena telah banyak membantu masyarakat. Sudah saatnya anak-anak muda di Indonesia mengembangkan kemampuannya untuk membangun Indonesia dengan teknologi yang lebih canggih.


You May Also Like

4 comments

  1. betul, tapi kalo saya yang penting ngurus apa2 gampang dah

    jaman dulu kan ngurus ktp dll lama buanget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, teknologi di Indonesia makin memudahkan masyarakat khususnya dalam mengurus e-KTP. Waktu jadinya jg ngga terlalu lama. Makasih atas kunjungan nya 😃

      Delete
  2. Kebayang pas sekolah dulu mbak dimana belum ada internet se masif sekarang..bikin tugas harus manual.... :) sukses selalu ya mbak....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, dulu saya pernah merasakan begitu susahnya nyari warnet buat ngerjain tugas hehe aamiin makasih atas kunjungan nya ya mbak :)

      Delete