Kenalan Yuk dengan Tuberkulosis!

by - 8:35 PM




Assalamu’alaikum. Ngga kerasa udah hiatus (lagi) selama satu tahun. Maafkan ketidakrutinan nulis di sini karena makin sini makin banyak tugas dan porsinya semakin berat, tiap buka laptop pasti buka folder Polban Sem.6, Polban Sem.7 :’D
Beberapa bulan yang lalu dengan banyaknya tugas, deadline yang mepet-mepet, cuaca yang kurang bersahabat, dan banyak aktivitas ke sana ke sini, akhirnya membuat tenaga jadi sangat terkuras. Cepat capek, cepat ngantuk (?), lupa makan, dan badan semakin kurus. Udah kayak triplek datar banget :'D
Awalnya cuma sakit flu, demam, meriang, tapi rasanya tiap kena flu kayak sakit berat. Kepala pusing, cenat cenut, ngga bisa konsentrasi kalau belajar, keringat dingin. Pokoknya ngerasa parah aja. Setelah flu yang menyerang sampai 2 minggu, alhamdulillah sembuh ngga “srottt srottt” lagi. Eh ternyata, datanglah batuk yang membuat dada sesak, tenggorokan gatal, dan ngga berdahak. Makin parahlah ditambah kegiatan perkuliahan dan sebagainya. Akhirnya dibeliin obat batuk sirup yang rasanya manis merk sanadr*l. Kenapa obatnya sirup? Karena saya ngga bisa menelan obat tablet, apalagi kapsul kecuali kalau tablet harus digigit-gigit dulu jadi kecil di dalam mulut terus minumlah satu tumbler tupperw*re dan baru bisa tertelan obatnya. Oke lanjut ya, satu minggu, dua minggu, sampai tiga minggu kok batuknya ngga sembuh sembuh. Padahal udah habis 3 botol obat sirup, sempet aneh juga apa dosis obat batuknya kurang atau ada sesuatu yang salah sama paru-paru saya karena batuknya buat dada sesak. Ditambah tiga hari berturut-turut meriang menjelang malam dan suka kebangun tengah malam karena muncul keringat super banyak, kayak habis olahraga aja gitu sampai sela-sela rambut pun keringetan. Akhirnya diputuskanlah untuk ke dokter poliklinik tempat ayah kerja. Saya menceritakan keluhan-keluhan sakitnya, ternyata dokter menyarankan untuk melakukan rontgen takutnya saya terkena bronkhitis dan LED nya (Laju Endap Darah) ngga normal. Saya ikuti anjuran dokter untuk dirontgen, hasilnya saya malah dirujuk ke rumah sakit paru-paru (BBKPM). Makin bingunglah saya, kok sampai segininya cuma batuk doang.
Saat itu juga saya ke BBKPM untuk pemeriksaan lebih lanjut. Oh iya, saya pake BPJS karena masih jadi tanggungan di tempat kerja ayah. Jadi pas ke sana, saya langsung daftar pasien BPJS baru dan diarahkan untuk ke poli umum dulu. Setelah nunggu 1.5 jam (ini udah biasa banget nunggu kayak gini :’D ), akhirnya giliran saya yang dipanggil. Ketika dokter nanya keluhannya apa, saya jelaskan lagi batuk 3 minggu, dada sesak, nafasnya bunyi, meriang menjelang malam, berat badan turun, nafsu makan berkurang, dan keringat banyak tengah malam. Kemudian nafas saya diperiksa tuh sama dokternya, ternyata bener bunyi kata dokternya. Tiba-tiba dokter bilang “takutnya ini kena tuberkulosis yang menyerang paru-paru, tapi untuk lebih meyakinkan nanti tes dahak sama rontgen ya’. Deg! Saya mulai takut, kok saya bisa kena, jangan-jangan ngga bisa sembuh, gimana kalau banyak yang menjauh, Ya Allah.... Di situ pikiran udah dipenuhi sama hal-hal negatif aja. Tapi ayah meyakinkan insyaAllah ngga akan kenapa-kenapa. Oke! Lumayan sedikit tenang. Langsunglah saya diarahkan ke bagian lab untuk ambil darah, tes dahak, dan rontgen. Lupa-lupa inget, ambil dahak itu 3 kali pas pertama, setelah ambil darah, besok paginya setelah bangun tidur tapi ngga boleh masuk makanan dulu dan ngga boleh makan dari jam 10 malem, terakhir pas besoknya di rumah sakit. Nunggu hasilnya kurang lebih dua jam dan balik lagi ke poli umum untuk menyerahkan hasil labnya. Ternyata POSITIF TB dengan BTA 2++. Apa itu BTA 2++? Bakteri Tahan Asam atau kata susternya jumlah bakterinya itu 200. Banyak. Banget. Makin deg-degan dan takut. Kok bisa kena? Ini penyakit pernafasan yang menular. Ada kemungkinan orang-orang di sekitar saya ada yang mengidap TB juga yang akhirnya nular ke saya, tapi orang-orang rumah ngga ada yang punya penyakit ini. Sampai pada akhirnya dokter bilang, -kemungkinan- bisa jadi kena di jalan soalnya banyak orang yang buang ludah dan bahayanya adalah ludah yang mengering dan tertiup angin (Oh apalah ini!) kemudian terhirup oleh saya. Itu baru kemungkinan karena di lingkungan saya ngga ada yang mengidap TB. Terlepas tertular dari siapa, intinya harus pake masker kalau di jalan, preventif gitu. Nama bakterinya itu mycobacterium tuberculosis.
 Saya cuma bisa pasrah aja dengernya, yaudah mungkin dari sini saya bisa belajar makin sabar makin ikhlas. Kemudian dikasih obat yang macem-macem. Saya hitung, seharinya saya harus minum 21 tablet dan kapsul. Banyak dan bentuknya tablet plus kapsul. Apalah saya yang ngga bisa minum kedua bentuk obat itu, makin stress dan “ini bener 21 obat sehari?”, “Ya Allah... gimana cara minumnya”. Tapiii... pas saya tanya obat TB nya mana, petugas obatnya bilang belum bisa makan obat TB karena SGOT dan SGPT hati saya ngga normal, jadi saya harus minum obat buat nurunin kedua itu karena kalau dipaksakan minum obat TB, fungsi hati saya nanti bisa rusak. Kalau udah normal barulah bisa minum obat TB. Oke, ngga apa-apa asal sembuh.

Baru juga beberapa hari minum obat dengan segala macam drama (mual, hampir muntah, dan menyerah ngga mau minum obat lagi), kondisi badan saya makin parah, makin ngga nafsu makan, efek obatnya bikin saya kayak ngelayang sampai-sampai pas sholat pun kerasa kayak terbang dan hampir jatuh haha ini karena dosisnya ketinggian. Akhirnya saya memutuskan untuk ke rumah sakit lain buat periksa ulang apakah saya benar terkena TB?. Saya diarahkan untuk rontgen dan ambil darah (lagi) karena hasil rontgen sebelumnya kurang jelas dan sulit untuk dibaca. Hasilnya tetap POSITIF namun SGOT, SGPT, dan LED nya NORMAL. Kenapa waktu itu hasil SGOT dan SGPT dan LED nya ngga normal? Karena pas ambil darah, dokternya bisa nebak kalau saya lagi haid katanya logikanya lagi datang bulan pasti laju endap darahnya ngga normal. Lalu dokternya menyarankan untuk berhenti minum obat yang 21 sehari dan menggantinya dengan obat TB, kemana-mana harus pake masker karena khawatir menular ke yang lain, tidur pun harus pake masker, ngga boleh satu tempat makan atau minum. Pas liat obatnya.... makinlah saya takut. Bentuknya tablet, warna merah, dan ukurannya it’s not normal bagi saya hahaha. FYI, obat TB ini dosisnya sesuai dengan berat badan, karena berat badan saya di kisaran 38-55 kg jadi satu hari minum 3 tablet sebelum makan ketika bangun tidur. Kalau perutnya menolak ngga bisa minum obat dalam keadaan perut kosong, bisa juga dimakan malam sebelum tidur dengan catatan minum obat 2 jam setelah terakhir makan. Contohnya kalau saya terakhir makan apapun jam 20.00 maka saya harus minum obat jam 22.000. Nah ini wujud obatnya.

 Setelah tahu hasilnya positif TB, pikiran saya masih berubah-ubah kadang positif pasti sembuh, kadang juga negatif kalau iseng-iseng googling soal penyakit ini dan nemu kasus banyak yang meninggal karena TB. Udah pasrah aja rasanya. Apalagi awal-awal minum obat banyak dramanya, ya deg-degan lah, nangislah obatnya ngga tertelan-tertelan dan perut udah kembung duluan banyak minum, sampai yang tiba-tiba muntah di kasur. Tapi alhamdulillah saya dikelilingi sama orang-orang yang baik banget yang selalu ngasih semangat, afirmasi positif. Jadi balik semangat lagi, ditambah teman-teman rajin ngingetin minum obat. Oh iya! Obat ini ngga boleh putus dikonsumsi sebelum dinyatakan sembuh karena nanti bakterinya jadi resisten sama obat atau ngga mempan kalau dikasih obat yang pada akhirnya pengobatannya makin berat harus mengulang dari awal dan ditingkatkan lagi dosis obatnya sampai harus disuntik tiap hari L Tiap satu kali kontrol, saya dikasih 42 tablet plus vitamin.
            Oke! Saya balik lagi tuh ke BBKPM, karena emang udah jadwal berobat tepat 2 minggu setelah dinyatakan positif TB dan bilang ke bagian poli DOTS (yang menangani pasien TB) kalau saya kemarin ke rumah sakit lain karena 21 obat itu ngga membuat saya membaik. Nah ini kesalahan saya, jadi kalau berobat TB itu harus di satu tempat, ngga bisa pindah-pindah tempat karena obatnya udah dipaketkan untuk setiap pasien. Alhasil obat TB dari rumah sakit yang sebelumnya ngga saya minum lagi dan saya akhirnya minum obat dari BBKPM. Lamanya pengobatan TB itu berbeda-beda setiap orangnya, normalnya hanya 6 bulan. Kalau saya kontrol setiap dua minggu sekali selama 6 bulan. Namun, terkadang ada juga yang 9 bulan bahkan tahunan. Kok bisa lama gitu? Bisa jadi bakterinya banyak banget dan diri kitanya ngga mengatur pola makan dengan baik. Sebenarnya ngga ada makanan yang dilarang tapi diutamakan makan makanan yang sehat, sayuran, banyak minum air putih, intinya harus banyak makan biar kiloan nambah. Berat badan yang naiksetiap bulannya bisa jadi indikasi kalau badan bisa nerima obatnya.
            Untuk 2 bulan pertama, obat yang biasanya dikonsumsi adalah obat yang berwana merah. Nanti tepat 2 bulan kemudian akan dilakukan rontgen dan tes dahak (lagi) seperti di awal pengobatan untuk memastikan apa bakterinya masih ada atau ngga. Kalau misalnya bakteri masih ada, maka obat warna merah dikonsumsi lagi selama 2 bulan ke depan. Kalau hasil dari tes dahak BTA nya negatif atau bakterinya udah mati, pasien bisa ganti obat berwarna kuning dengan bentuk yang lebih kecil dan gampang ditelan (akhirnyaaa alhamdulillah). Ini bentuk obatnya.


Tarik nafas dulu yaaa, ini macam sinetron ngga habis-habis ceritanya. Tapi nyatanya emang begini proses pengobatan selama 6 bulan :’D
Ya! Lanjut ya. Saya minum obat warna kuning itu selama 4 bulan dengan dosis yang berbeda, awalnya 3 tablet setiap hari menjadi 4 tablet seminggu tiga kali soalnya berat badan saya sudah di 56 kg otomatis dosisnya ditambah satu tablet. Alhamdulillah minum obatnya ngga setiap hari lagi meskipun rasa mual masih ada, bahkan tiap liat obatnya saya ngerasa mual pengen muntah. Nah kalau udah kayak gini, saya langsung ngasih kata-kata positif buat diri saya biar ngga cepat menyerah. Nanti di akhir bulan ke 6, dirontgen dan tes dahak (lagi) untuk memastikan apakah udah sembuh atau belum. Intinya selama pengobatan 6 bulan ini, saya melakukan 3 kali rontgen dan 3 kali tes dahak. Pertama di awal pengobatan, kedua di 2 bulan pertama, dan ketiga di akhir bulan ke 6. Ngga berhenti sampai di situ, saya harus melakukan pengecekan lagi 3 bulan setelah dinyatakan sembuh, 6 bulan kemudian, dan terakhir dua tahun kemudian. Dipikir-pikir kok lama banget ya selesainya? Sebenarnya dari bulan ke 6 itu udah dinyatakan benar-benar sembuh, hanya untuk ketiga waktu itu difollow up aja diliat perkembangan paru-parunya apa ada kemungkinan terkena lagi atau ngga. Alhamdulillahirabbil’alamin tanggal 9 Januari 2018, saya dinyatakan sudah benar-benar sembuh sama dokter. Katanya harus dijaga pola makannya sehari tiga kali, sering minum air putih, makan buah-buahan dan sayuran, dan selalu pake masker kalau ke jalan.

Udah segitu aja. Segitu tapi banyak. Untuk yang sedang mengalami hal yang sama, hindari membaca artikel soal kasus pasien yang meninggal karena TB. Hal itu bisa buat diri kita jadi makin cepat menyerah, meskipun mengingat kematian itu perlu tapi di saat-saat itu tuh ngga tepat aja karena ujung-ujungnya kita bisa mengeluh sampai keceplosan bilang “kenapa harus saya?”. Padahal dari situlah, InsyaAllah dosa-dosa kita digugurkan lewat rasa sakitnya. Kedua, harus disiplin minum obat. Pilih satu orang (suami/ istri/ orangtua/ sahabat) untuk jadi PMO (Pengingat Minum Obat), beri tahu kapan waktunya minum obat, hari apa jam berapa. Jangan sampai nanti putus di tengah-tengah dan harus mengulang pengobatannya dengan dosis obat yang lebih tinggi. Jadi, mau disiplin minum obat atau mengulang pengobatannya dari awal?. Ketiga, usahakan cerita ke orang-orang terdekat kita kalau kita terkena TB. Jangan takut dijauhi atau terkucilkan karena dengan terus terang, orang-orang terdekat kita akan lebih mengerti keadaan kita pada saat ini. Misal, ketika orang terdekat kita ingin meminta makanan dengan sendok yang berbeda tapi masih di satu mangkuk yang sama, sikap kita ya jelaskan ngga boleh karena bisa menular kalau ketularan kan kasian. Jadi jujur itu perlu, utamanya untuk orang-orang terdekat kita yang setiap hari berkegiatan sama kita. Keempat, harus sabar, ikhtiar, dan tawakal. Anggap proses ini adalah kalau Allah masih perhatian sama kita. Jadinya banyak inget Allah. “Tidaklah Allah menurunkan penyakit kecuali Dia juga menurunkan penawarnya”. (HR. Bukhari) InsyaAllah sembuh, asal terus ikhtiar. Ikhtiarnya apa? Berdoa sama Allah dan disiplin minum obat. Kuncinya itu aja, Allah itu As-Syafi (Maha Menyembuhkan). Untuk yang tidak (jangan sampai) terkena TB, harus jaga kebersihan, jangan dibiasakan minum atau makan di satu tempat yang sama dengan teman meskipun ngerasa sama-sama sehat karena bakteri itu ada dimana-mana, pake masker kalau ke jalan, dan pola makan harus teratur. Kalau misalkan ada tanda-tanda batuk yang ngga sembuh-sembuh dan seperti yang udah dijelaskan di atas, segera ke rumah sakit atau puskesmas untuk screening TB. Khawatir mengarah ke sana.
Saya membagikan cerita ini ingin memberitahu teman-teman soal tuberkulosis yang masih awam diketahui oleh sebagian orang, betapa mahalnya kesehatan, betapa berharganya nikmat sehat. Jadi banyak-banyak bersyukur kalau sampai saat ini masih diberi nikmat sehat. Selain itu, ingin merubah pandangan negatif orang-orang sekitar pasien kalau TB itu bisa sembuh dan pasiennya hanya butuh dukungan, dimotivasi, dan didoakan agar cepat sembuh, bukan malah dijauhi atau dikucilkan (Alhamdulillah hal ini ngga terjadi sama saya, hanya masih ada pasien yang masih merasakan ini). Dan poin utamanya adalah ingin memberi semangat sama pasien TB, kalau TB bisa disembuhkan! Beneran! InsyaAllah. Jadi hilangkan pikiran-pikiran negatif, isi sama pikiran-pikiran positif, bawa happy, being normal aja kayak biasanya. FYI, tubekulosis itu jenisnya macam-macam. Yang saya alami adalah tuberkulosis yang terkena paru, dan jenis ini yang bisa menularkan. Kata suster kalau tuberkulosis yang menyerang otak dan kelenjar itu ngga bisa menular. Oh iya! Hampir lupa, jadi tuberkulosis paru ini udah ngga menular setelah 2-3 minggu minum obat. Gitu....

Teman-teman yang ngga tahu soal ini jangan kaget ya kalau kemarin-kemarin ternyata saya kena si TB ini hehehe. InsyaAllah saya udah berusaha semaksimal mungkin untuk jaga kontak bicara secara langsung dan melarang yang minta makanan satu mangkuk atau minum yang satu botol pas 6 bulan kemarin.
Semoga bermanfaat dan boleh diceritakan lagi ceritanya ke teman-teman yang lain. Kenalan sama TB biar lebih aware sama kesehatan sendiri tapi jangan sampai merasakan ya. Semua yang diceritakan di atas itu based on experience ya, kalau ingin menambahkan info-info mengenai TB silahkan dengan senang hati.






12.15 a.m
Di atas tempat favorit, kasur.

With love, Nida.

You May Also Like

0 comments