Merubah

by - 3:29 PM

Assalamu'alaikum.
"Kenapa harus memilih jalan -ini- ya, padahal hal itu belum tentu baik"
Belakangan ini terlintas kata-kata itu di pikiran saya . B e l a k a n g a n  i n i. Baru nyadar aja selama ini suka ngga peka sama diri sendiri. Tau kalau hal itu ngga baik buat diri sendiri tapi masih teteeeep aja. Semakin tua kok ya semakin banyak disadarin banyak hal yang harus dibenerin, utamanya cara berpikir sih, sama satu lagi kebiasaan jelek. Kebiasaan nyimpen handuk di kasur dan lupa dijemur. HMM.
         Oke yang pertama, cara berpikir. Kenapa sih harus dibenerin? Semakin kita tua, belum tentu kita semakin "dewasa". Logikanya masa iya makin tua cara berpikirnya masih gitu-gitu aja karena dari cara berpikir itu akan berpengaruh sama cara kita bertindak, cara kita bertindak berpengaruh sama apa yang kita dapatkan nanti. Pada akhirnya kita bakal bahagia atau "ngerasa" ngga bahagia atas tindakan yang kita lakukan. Kalau pengen bahagia, ya isi diri kita dengan hal-hal yang positif, jauh-jauh dari orang yang bisa ngasih pengaruh negatif dan akhirnya kita malah ikut-ikutan jadi negatif. Gimana sih caranya jadi pribadi yang selalu positif? Awali sama cara berpikir kita, contohnya kalau saya biasanya baca-baca blog positive influencer, follow akun parenting, pokoknya yang bisa bikin diri kita jadi lebih baik aja, meskipun kadang-kadang suka cemas sendiri sama suatu hal padahal hal itu belum tentu terjadi sesuai dengan apa yang kita pikirkan. Contoh hal yang membuat diri suka mengeluh adalah buka akun instagram selebgram ha ha ha. Pernah ngerasa ngga sih iri? Kan negatif ya, penyakit, racun banget. Pasti setiap orang yang follow akun selebgram atau akun-akun lain yang kalau liat feeds nya kok ya bahagia terus, terus terbersitlah di hati sama pikiran kita "Kok aku gini amat sih ya, udah umur segini masih belum ada pencapaian apa-apa". Stop. Kalau udah kayak gini, hindari akun-akun yang bisa bikin kita jadi banding-bandingin diri sendiri sama orang lain kan pada akhirnya malah jadi pribadi yang kurang bersyukur. Jujur, saya ngga pernah follow akun yang gitu-gitu. Paling kalau adapun akun kayak Teh Rere, Ghe Shafferina, Mas Gun, Mbak Apik, Mbak Retno Hening, Mbak Kartika, yang nambah pengetahuan dan pengaruh positif sama diri sendiri, dan satu lagi akun online shop (lah?!). Ya intinya saya menghindari akun-akun yang menurut saya pribadi bisa bikin saya terlalu merhatiin hidup orang. Dari situlah sedikit sedikit pikiran ini jadi ikut berubah, tapi masih tetep harus dibenerin terus sampai tak terbatas~
Efek dari hal kecil itulah yang bisa buat diri sendiri jadi berpikir "oh iya ya...", tentunya kita jadi banyak mikir terus pusing sendiri (ngga deng!) ya tentunya cara berpikir kita bisa berubah juga dengan "mendekati" orang-orang yang positif. 

        Kedua, kebiasaan jelek. "Aduuh handuk di atas kasur, lupa! Ah yaudahlah" Sering tuh begitu, ingetnya pas di jalan menuju kampus bahkan ngga inget, tau tau ibu yang ngingetin pas pulang dan dijemur. Sama ibu. HMM. Kesel sih sama kebiasaan yang satu ini, tapi kok terulang terus. Bosen. Ngga rubah rubah. Akhirnya punya ide lah dengan menggantungkan handuk di pintu lemari, kan kalau mau ditutup pasti ngga bisa nutup rapat, terus inget "eh handuk". Dari situ langsung cepet-cepet dijemur. Jangan malah disimpan lagi di pintu kamar atau di kasur ( ah elaaah). Mungkin buat orang lain, ini cuma hal yang sederhana banget. Tapi bagi saya.... lupa terus. Ya itu kalau cuma menyesali ngga akan merubah apapun, harus diikuti sama action juga. Nah ini dampak dari cara berpikir nih. Kalau ngerasa hal itu susah diubah ya beneran ngga akan pernah bisa merubahnya. Jadi awali semuanya dengan cara berpikir kita yang positif.




With love,
Nida

15.27 WIB
di atas meja tempat PKL (season 2)

You May Also Like

0 comments