Self Talk Yuk!

by - 2:01 AM

Assalamu'alaikum.
     Katanya sesuatu itu jangan terlalu dikejar habis-habisan. Semakin dikejar, semakin jauh kayak bayangan yang jatuh di depan kita. Terkadang hawa nafsu selalu membuat diri jadi menggebu-gebu yang "ngga sehat" atas pencapaian, pikiran jadi ngga jernih, hati jadi kusut, dan bisa sampai keluar kata-kata yang menyakitkan hati orang lain. Bicara soal pencapaian, ketika ngga tercapai seringkali ujungnya jadi ngedumel sendiri karena merasa ngga bisa memberikan yang terbaik, merasa diri "gitu-gitu" aja ngga ada perubahan, dan ujungnya jadi lupa atas nikmat yang sangat banyak ini. Padahal dengan tercukupinya semua kebutuhan kita di hari ini seolah-olah sudah dikaruniai dunia dan semua isinya (HR. Tirmidzi). 
     Kalau lihat nikmat orang, rasanya kayak pencapaian hidupnya banyak dan mudah. Tapi inget! Pencapaian hidup itu ngga harus yang hasilnya "wah!" di mata banyak orang. Pencapaian-pencapaian yang mungkin orang anggap kayak"remehan biskuit", seperti bisa bangun lebih pagi, selesai beres-beres rumah lebih cepat, bisa nulis di blog, beres-beres berkas yang ngga terpakai lagi, sampai bisa gunting kuku pun termasuk pencapaian. Serius ini bikin riang haha meskipun kalau menurut "kacamata" orang lain mungkin hal-hal itu bukan termasuk pencapaian. Semakin sering menganggap hal-hal kecil sebagai pencapaian, semakin kita menghargai diri sendiri dan semakin bersyukur. Alhamdulillah ada waktu luang untuk istirahat lebih lama, waktu untuk baca buku, dan waktu untuk menggunting kuku (ini masih jadi pencapaian kalau dilist saya haha). Sibukkan diri sama hal-hal yang baik dan jangan dipakai untuk melihat kehidupan orang lain, karena apa? Jadinya kita ngga bisa menghargai diri sendiri, susah untuk bersyukur. 

Tenang dan tetap senang karena setiap orang memiliki zona waktu dan pencapaian yang berbeda-beda. Selamat menunggu sesuatu yang Allah pilihkan. KetetapanNya ngga pernah buruk, cuma kitanya aja yang ngga pintar berhusnudzon.






Untuk....
Diantara kengantukan tapi teteup nulis
15.28

You May Also Like

0 comments